Tips Menggunakan Visual Studio Code Untuk Flutter

Tips visual studio code untuk flutter
Tips visual studio code untuk flutter
Codingtive.com - Visual studio code merupakan edittor yang dikembangkan oleh Microsoft yang bersifat open source dan dapat digunakan pada Windows, Linux, dan Mac OS. Visual studio code memiliki banyak sekali fitur yang membantu kita dalam menuliskan kode program, beberapa contoh fiturnya yaitu syntax highlighting, intelligent code, debugging, snippet, Git, dan masih banyak lagi.

Untuk membuat aplikasi mobile dengan lancar, minimal membutuhkan spesifikasi laptop yang lumayan tinggi. Jika kamu menggunakan Flutter, maka visual studio code menjadi solusi edittor yang lebih ringan untuk mengembangkan aplikasi mobile dibandingkan Android Studio dan XCode.

Pada artikel ini akan dibahas tips menggunakan visual studio code untuk Flutter yang dapat menambah produktivitas dan membantu kamu ketika membuat aplikasi dengan Flutter. Sebelumnya, jika kamu belum install, kamu dapat download secara gratis di website resmi visual studio code.

Pertama, buka aplikasi visual studio code dan pastikan laptop kamu terkoneksi dengan internet untuk mengunduh beberapa extensions.

Masuk pada menu Extensions caranya yaitu pilih tombol berikut yang ada di menu samping.
menu extensions visual studio code
menu extensions visual studio code
Atau cara lainnya yaitu pilih menu Help > Search > ketikan Extensions > Pilih Extensions, maka akan muncul tampilan menu extensions.

Complete Flutter Extension Pack

Complete Flutter Exension Pack merupakan extension yang dibuat oleh GulaJavaMinistudio yang berisi paket dari macam-macam extensions yang dapat mempermudah dan membantu kamu ketika menuliskan kode. 

Caranya yaitu ketikan pada pencarian "Complete Flutter Extension Pack", lalu pilih dan gambarnya seperti berikut :
Complete Flutter Extension Pack
Complete Flutter Extension Pack
Untuk isinya sudah ada detailnya extension yang disediakan, seperti Awesome flutter snippets, Dart, Flutter, Flutter files, Flutter widget snippets, Material icon, dan masih banyak lagi. Selanjutnya pilih Install.

Setelah berhasil install maka tampilan visual studio code menjadi lebih menarik dan ada tambahan menu, serta menulis kode untuk Flutter menjadi lebih cepat dan mudah.

Extension untuk Flutter

visual studio code extension flutter
Visual studio code extension flutter
Jika kamu ingin mencari extension lain untuk Flutter, caranya cukup dengan mengetikan "Flutter" di pencarian, maka muncul daftar extension yang dapat kamu pilih. Install extension yang kamu butuhkan saja untuk mempermudah dan membantu produktivitas, karena semakin banyak extension yang kamu pasang tentu visual studio code menjadi lebih berat.

Tampilan visual studio code menjadi lebih menarik seperti berikut :
Visual studio code for Flutter
Visual studio code for Flutter

Tips tambahan

Sekarang untuk memudahkan kamu menuliskan kode Flutter dengan cepat, caranya ketikan kode berikut secara otomatis muncul rekomendasi yang bisa kamu pilih. Berikut kodenya :
  • statefulW : untuk membuat StatefulWidget secara otomatis.
  • statelessW : untuk membuat StatelessWidget secara otomatis.
  • statefulBldr : untuk membuat StatefulBuilder secara otomatis.
  • streamBldr : unruk membuat StreamBuilder secara otomatis.
Selain itu untuk membuat Widget dan propertiesnya, kamu hanya perlu menuliskan beberapa huruf depan secara otomatis muncul rekomendasi widget yang kamu ketikkan. Contohnya ketika kamu menuliskan "Image", akan muncul widget yang sesuai.

Demikian tips cara menggunakan visual studio code untuk Flutter yang dapat mempermudah kamu dan menambah produktivitas. Jangan lupa subscribe dan bookmarks website codingtive untuk artikel dan tutorial menarik lainnya. Terima kasih  

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Tips Menggunakan Visual Studio Code Untuk Flutter"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel