Bahasa Pemrograman Paling Populer Dipelajari Tahun 2019

Bahasa Pemrograman Paling Populer Dipelajari Tahun 2019
Bahasa Pemrograman Paling Populer Dipelajari Tahun 2019
Codingtive.com - Menentukan bahasa pemrograman untuk dipelajari merupakan hal yang penting bagi seorang software engineer, karena hal itu memberikan dampak pada pekerjaan yang akan kita temui. Mempelajari suatu bahasa pemrograman tentu membutuhkan waktu dan kita harus efisien sebagai upaya kita untuk menjadi seorang developer atau software engineer yang lebih baik lagi dan siap dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat. Untuk tips belajar bahasa pemrograman efisien dan produktif kalian dapat membacanya Tips Belajar Pemrograman Untuk Lebih Produktif.

Artikel ini menyediakan daftar bahasa pemrograman yang paling populer dipelajari pada tahun 2019, perkembangan dan bagaimana dampaknya pada industri saat ini. Dapat dijadikan referensi apakah kamu lebih tertarik untuk belajar front end, backend, atau sebagai mobile developer.

Python

Python Programming Language
Python Programming Language
Dari tahun ke tahun bahasa pemrograman python merupakan yang banyak diminati untuk dipelajari, python juga menjadi bahasa utama untuk keperluan data scientists, dan menjadi saingan bahasa pemrograman R. Sebagai tambahan, python juga dapat digunakan untuk membangun backend seperti contohnya API untuk web dan general scripting. Python juga ramai dibicarakan pada forum diskusi stack overflow terlebih lagi perkembangan dari Python 2.x ke Python 3. 

Python telah membuktikan sebagai bahasa pemrograman utama dan paling banyak diminati oleh para ilmuwan perangkat lunak. Jika kamu ingin menginvestasikan waktu untuk belajar bahasa pemrograman Python tentu akan menghasilkan untuk kedepannya sebagai software engineer.

Kotlin

Kotlin Programming Language
Kotlin Programming Language
Sejak bahasa pemrograman Kotlin diperkenalkan, banyak developer menggunakannya sebagai alternatif untuk membuat aplikasi mobile dibandingkan dengan pendahulunya yaitu Java. Sekarang, Google memberikan dukungan untuk pengembangan aplikasi android menggunakan Kotlin.

Kotlin merupakan bahasa pemrograman yang cross-platform yang beroperasi dengan Java dan dijalankan pada JVM. Beberapa kelebihan Kotlin yaitu penulisan kode yang lebih ringkas dibandingkan Java, kode yang lebih mudah dibaca, dan mengatasi null-pointer yang sangat sering dijumpai pada bahasa pemrograman Java, adanya extension function, dan infix notation.

Kotlin berada pada posisi ke-4 sebagai bahasa yang paling diminati dan banyak dibicarakan di stack overflow. Jika kamu tertarik untuk mengembangkan aplikasi android, Kotlin menjadi pilihan yang sangat direkomendasikan untuk kamu pilih.

Swift

Swift Programming Language
Swift Programming Language
Bahasa pemrograman Swift dikenalkan oleh Apple sebagai alternatif dari Objective-C untuk membuat aplikasi iOS dan Mac. Seperti halnya Kotlin alternatif dari Java, Swift juga disiapkan sebagai bahasa pemrograman yang direkomendasikan untuk iOS developer. Swift menempati urutan ke-6 sebagai bahasa pemrograman yang paling banyak diminati. Apabila kamu tertarik untuk menjadi seorang iOS engineer dan mengembangkan aplikasi untuk iOS maka Swift menjadi pilihan yang tepat.

TypeScript

TypeScript Programming Language
TypeScript Programming Language
Pertumbuhan bahasa pemrograman TypeScript saat ini ditandai dengan banyaknya perusahaan raksasa menggunakan TypeScript sebagai bahasa utama dalam mengembangkan produk mereka. Bahasa pemrograman ini menggunakan EcmaScript sebagai intinya yang menyediakan pemeriksaan tipe statis waktu kompilasi, dan visibilitas kode yang tidak tersedia pada Javascript standar. TypeScript telah menjadi sistem tipe pada Javascript, dan merupakan bahasa pemrograman ke-3 yang paling banyak diminati setelah Python dan Rust pada forum diskusi stack overflow. Berdasakan survey Javascript menunjukan TypeScript menempati posisi ke-2 setelah ES6  untuk digunakan oleh developer dan dipelajari.

Go

Golang Programming Language
Golang Programming Language
Golang menempati posisi teratas untuk bahasa pemrograman yang digunakan dalam membangun microservices. Golang dibuat oleh Google dengan menawarkan kelebihan dari C/C++, namun Go memiliki kelebihan lain seperti kode yang lebih ringkas, sederhana, keamanan dan telah dioptimalkan oleh Google. Syntax pada bahasa pemrograman Go juga mudah dibaca dan efisien secara komputasi, untuk pemula tentu akan lebih cepat untuk mempelajarinya. Karena kecepatannya juga menjadi pilihan yang tepat untuk bekerja pada web server. Beberapa contoh implementasi dengan bahasa pemrograman Go yaitu Kubernetes, bahasa utama untuk Ethereum source code dan Hyperledger blockchain, dan sebagai web server untuk perusahaan besar seperti Google, Twitch, Uber, Medium dan banyak lagi.

Rust

Rust Programming Language
Rust Programming Language
Untuk peringkat pertama bahasa pemrograman paling diminati dan banyak dibicarakan pada tahun 2019 di stack overflow yaitu Rust. Rust utamanya digunakan bahasa pemrograman sistem, tapi juga dapat digunakan untuk web server dan sangat cocok karena dapat dikompilasi kedalam WebAsembly.

SQL

SQL
SQL
SQL berbeda dengan bahasa pemrograman lain, namun untuk mempelajari SQL merupakan hal yang penting bagi seorang developer. Banyak perusahaan memiliki penyimpanan data seperti database, untuk dapat mengoperasikannya tentu membutuhkan pemahaman tentang SQL. Mempelajari dan mengerti SQL akan membantu kamu sebagai software engineer tentang bagaimana data akan diolah.

GraphQL

GraphQL
GraphQL
GraphQL merupakan bahasa query yang bersifat open source, dikembangkan oleh Facebook pada tahun 2012 dan release pada tahun 2015.GraphQL menyediakan pembuatan API dengan efisien, cepat, dan fleksibel, selain itu juga mendukung reading, writing, dan subscribing setiap perubahan data secara real time. Banyak perusahaan besar yang telah menggunakan GraphQL, seperti Facebook, Github, Pinterest, Shopify dan masih banyak lagi. Jika kamu tertarik untuk belajar mengenai query language yang lebih modern maka GraphQL menjadi pilihan yang tepat.

Itulah daftar bahasa pemrograman paling populer dipelajari tahun 2019, kamu dapat menentukan bahasa pemrograman apa yang akan kamu pilih untuk dipelajari dan membantu dalam pekerjaanmu. Jika kamu tertarik untuk membuat aplikasi berbasis mobile, baca artikel mengenai Daftar 4 Framework Terbaik Untuk Membuat Mobile Apps.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Bahasa Pemrograman Paling Populer Dipelajari Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel